KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Nama : Susiana Martina Rismauli
SDN Pasar Manggis 01
Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?
Pembelajaran Berdiferensiasi mengubah pemikiran saya tentang pembelajaran yang berpihak pada murid, karena setiap individu punya kebutuhan yang berbeda-beda sehingga sebagai pendidik yang tergerak saya ingin memfasilitasi keberagaman potensi yang dimiliki oleh murid-murid di kelas.
Beberapa hal yang membuat saya perlu melakukan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu
- Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas
- Merespon kebutuhan belajar murid
- Lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar
- Manajemen kelas yang efektif
- Penilaian berkelanjutan
Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?
Memfasilitasi kebutuhan yang berbeda bukanlah hal yang mudah, saya harus mampu mengenali terlebih dahulu kemudian memetakan murid yang memiliki kesamaan dalam hal tertentu berdasarkan fakta yang ada. Oleh karena itu, saya perlu mengadakan tes awal, melakukan wawancara, membaca laporan hasil belajar di kelas sebelumnya, mengetahui gaya belajar murid, dan sebagainya.
Pelayanan terhadap diferensiasi belajar dapat dilakukan pada konten, proses, produk dan lingkungan dapat dijelaskan sebagai berikut
1. Diferensiasi Konten : Beberapa siswa membutuhkan konten yang sesuai dengan minat mereka, atau lebih kurang konten yang menantang dan sesuai dengan tingkat kemampuan membacanya, dan tidak setiap siswa harus menerima konten yang sama. Misalnya menggunakan buku, poster, infografis digital, gambar, ilustrasi, tabel, grafik, rekaman suara, video, gerakan, dll)
2. Diferensiasi Proses : Beberapa siswa belajar dengan sangat baik dan cepat melalui kerja kelompok dan beberapa dapat bekerja sendiri, beberapa dengan bekerja proyek, sementara yang lain sangat cocok dengan belajar dengan cara berdiskusi.
3. Diferensiasi Produk : Beberapa siswa lebih suka mengungkapkan secara tertulis, sementara yang lain lebih suka menggunakan teknologi, aksi sosial atau visual. Guru dapat memberikan pilihan kepada siswa untuk memilih cara mereka sendiri mengungkapkan atau menampilkan apa yang mereka pelajari.
4. Diferensiasi Lingkungan : Siswa memiliki kesempatan bekerja dalam kelompok atau membawa anak-anak belajar di laboratorium, perpustakaan, atau karyawisata.
Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?
Komentar
Posting Komentar