Percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda

Percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi gerak benda
Mata pelajaran    : IPA
Kelas / Semester : III / 2



I. Ukuran dan berat benda mempengaruhi gerak benda (diperagakan oleh Pingkan Aryana)
Siswa memantulkan kedua kelereng ke lantai secara bersamaan dari ketinggian yang sama, kemudian mengamati gerakan pantulan kelereng sampai tidak bergerak lagi. Percobaan dilakukan secara berulang sampai siswa mendapat hasil pengamatan.


II. Bentuk benda mempengaruhi gerak benda (diperagakan oleh Pingkan Aryana)
Dengan menggunakan selembar kertas yang diremas hingga berbentuk seperti bola dan selembar kertas yang tidak diremas seperti pada gambar, siswa menjatuhkan kedua kertas dari ketinggian yang sama dan pada saat yang bersamaan. Siswa diminta mengamati gerakan kedua kertas


III. Permukaan benda mempengaruhi gerak benda (diperagakan oleh Davina Maharani)
Siswa mengolesi salah satu bola dengan lem kertas secara sembarang dan agak banyak sehingga permukaannya menjadi kasar, sedangkan bola yang lain tidak diolesi lem. Kemudian secara bersamaan, kedua bola tersebut digelindingkan seperti pada gambar. Siswa diminta mengamati gerakan kedua bola pingpong



IV. Permukaan lintasan mempengaruhi gerak benda (diperagakan oleh Gading Saesar)


Alat  yang digunakan pada kegiatan ini adalah mobil mainan, papan jalan, kotak pensil, penggaris, sampul plastik, dan sapu tangan atau kain serbet. Siswa diminta membuat lintasan miring menggunakan papan jalan di atas meja, kemudian meletakkan mobil mainan di ujung papan yang lebih tinggi. Mobil mainan ditahan dengan penggaris, kemudian penggaris diangkat sehingga mobil mainan meluncur dari atas ke bawah seperti pada gambar. Siswa mengamati gerakan mobil mainan tersebut kemudian melakukan petunjuk selanjutnya. Kegiatan selanjutnya, siswa diminta memberi alas sapu tangan atau kain serbet pada lintasan miring tadi kemudian mengamati gerakan mobil mainan saat penggaris dilepas. Terakhir, siswa diminta memberi alas plastik pada lintasan miring tadi kemudian mengamati gerakan mobil mainan saat penggaris dilepas.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Pembelajaran IPA : Ciri khusus pada hewan (kelelawar, bebek, cecak)